Terkuak! Ini dia alasan mengapa jas dokter berwarna putih

Irfan Arvianto , 21 Maret 2022 - 10.19 WIB
Jas Dokter Berwarna Putih. Foto : (Rumah Kapas)
Jas Dokter Berwarna Putih. Foto : (Rumah Kapas)

Sejarah Awal Pakaian Dokter

Pada saat dulu abad ke-19, jas dokter umumnya berwarna hitam dikarenakan warna hitam dianggap menggambarkan keseriusan para dokter dan kehadiran mereka sangatlah penting. Hal ini wajar karena jasa dokter yang sangat besar yaitu menyembuhkan para pasien dari penyakit. Di sisi lain, warna hitam membuat pekerjaan dokter lebih mudah dikarenakan dengan adanya pakaian dokter yang berwarna hitam noda-noda kecil ataupun cairan yang kemungkinan besar menempel di pakaian dokter saat bertugas tidak akan terlihat secara jelas.Namun sayangnya, semakin lama dokter dianggap sebagai seseorang yang menyeramkan dikarenakan wibawanya dengan pakaian warna hitam. Oleh karena itu, pada akhirnya dokter mengenakan pakaian warna putih hingga sekarang.

Alasan Perubahan Warna Jas Dokter

Tentunya perubahan warna pada pakaian dokter tidak hanya didasari oleh gaya fashion semata, namun memiliki hubungan yang erat dengan perspektif pasien dan juga efektivitas para dokter dalam melakukan pekerjaanya. Supaya lebih mudah, kami meringkas menjadi dua alasan menarik mengapa jas dokter akhirnya berubah warna menjadi putih hingga detik ini.

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya mengenai stereotip.para pasien yang menganggap dokter menyeramkan akibat pakaian yang berwarna serba hitam. Tentunya para dokter tidak ingin hal ini terjadi dikarenakan tugas dokter adalah mengobati pasien sehingga pasien seharusnya merasa aman dan nyaman ketika berada di sekeliling dokter. Oleh karena itu, untuk merubah stereotip negatif tersebut, para dokter sepakat akhirnya merubah pakain dasar mereka menjadi warna putih.

Warna putih dipercaya dapat memberikan kesan suci, bersih, steril, dan menenangkan yang mana sangat cocok untuk para dokter dengan pekerjaan mulianya. Selain itu juga warna putih dipercaya dapat membalikan stereotip negatif terhadap pakaian dokter yang berbasis warna hitam sebelumnya. Oleh karena itulah, hingga saat ini pakaian dokter berwarna putih untuk memberikan citra baru mereka sekaligus mematahkan stereotip masyarakat pada zaman dulu sebelum adanya perubahan warna pada pakaian dokter.

Kesimpulannya

Setelah membaca artikel di atas, harapannya dapat menambah wawasan anda mengapa saat ini pakaian dokter identik dengan warna putih. Tentunya, Rumah Kapas sebagai salah satu perusahaan terbaik di bidang garment dapat memenuhi kebutuhan anda untuk membuat baju medis seperti seragam dokter, scrub, surgical gown, jas dokter, masker kain, jas laboratorium, seragam perawat dan medical cap. Konsultasi aja dulu mengenai kebutuhan anda dengan Rumah Kapas, anda bisa klik logo whatsapp di halaman ini atau anda bisa klik logo Whatsapp di halaman ini atau KLIK DISINI untuk memulai berkonsultasi dengan tim kami.

Jas Dokter Buatan Rumah Kapas
Jas Dokter Buatan Rumah Kapas. Foto : (Rumah Kapas)

Beri Komentar

Nama :
Email :
Komentar :
.
.
.