Share :

Mix and Match! Temukan Kombinasi Warna Pakaianmu dengan Color Wheel

Elga Thalia Marshella, 24 September 2021 - 14.02 WIB
Mix and match pakaian. Foto : (Freepik/Senivpetro)
Mix and match pakaian. Foto : (Freepik/Senivpetro)

Menemukan kombinasi warna untuk pakaian terkadang menjadi tantangan sendiri bagi banyak orang. Seringkali kita menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menemukan style yang pas dan terlihat bagus untuk kita kenakan. Tak jarang juga, kita sudah menghabiskan waktu semalaman untuk menyiapkan penampilan, ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang yang inginkan. Gawat banget!

Mungkin ada beberapa faktor yang membuat penampilanmu kurang maksimal, selain kurangnya koleksi fashion items, kamu mungkin sering kehabisan ide atau merasa nggak pede untuk memadupadankan koleksi pakaian milikmu. Untuk mengatasinya, kita bisa lho menggunakan color wheel atau roda warna untuk mengarahkan atau mix and match warna di pakaian kita!

Apa itu Color Wheel?

Color Wheel/Roda Warna.
Color Wheel/Roda Warna. Foto (Unsplash.com/Annie Spratt)

Color wheel atau roda warna merupakan sebuah dasar teori warna yang digunakan untuk memetakan seluruh warna yang ada. Color wheel tersusun dalam sebuah lingkaran atau bentuk roda dengan warna yang saling berhubungan serta berurutan dengan harmoni. Ada tiga warna dasar dalam color wheel yaitu kuning, biru, dan merah yang merupakan warna primer. Selain itu, ada warna sekunder yang merupakan hasil dari kombinasi warna primer. Sedangkan, kombinasi dari warna sekunder akan menghasilkan warna tersier. Dengan demikian, seluruh warna tersusun dan membentuk roda warna.

Strategi pemilihan warna

prinsip teori warna
prinsip teori warna. Foto (Freepik.com/Peoplecreations)

Untuk membuat style-mu lebih bervariasi, kita dapat menggunakan strategi pemilihan warna dengan aturan dasar pada color wheel. Ada beberapa prinsip aturan dasar pada color wheel, 4 diantaranya yaitu Analog, Monokromatis, Komplementer, dan Triadic.

Analog

Analog merupakan kombinasi warna yang terletak bersebelahan dengan warna utama yang kamu pilih, atau kombinasi dari warna-warna yang terdekat. Padu padankan pakaianmu dengan strategi kombinasi warna analog, warna yang bertetangga itu akan membuat kombinasi yang terlihat nyaman, namun tetap bervariasi untuk penampilanmu.

Monokromatis

Strategi pemilihan warna monokromatis berarti kamu memilih kombinasi warna yang sama namun dengan intensitas yang berbeda. Misalnya seperti warna Tan dan Taupe, keduanya masuk dalam kelompok warna coklat, namun memiliki intensitas warna yang berbeda. Kombinasi warna ini akan membuatmu penampilanmu berada pada garis aman tapi tetap kece, lho!

Triad

Kombinasi warna triad atau triadic akan membuat kamu terlihat berani dalam padu padan warna. Warna-warna dalam kombinasi triad memang cukup nyentrik, tapi tentu kamu dapat mencoba sesekali agar penampilanmu bervariasi. Kamu bisa menemukan warna triad dengan menarik garis segita pada roda warna. Contoh kombinasi warna triad adalah hijau, biru, dan merah.

Komplementer

Selain kombinasi triad yang membuatmu tampil nyentrik dan berani, kombinasi warna komplementer juga memberikan tampilan energik pada dirimu. Warna komplementer biasa digunakan untuk memberikan kontras untuk menarik perhatian secara visual. Kombinasi warna ini sangat sering digunakan dalam satu jenis pakaian seperti kemeja dengan motif, sehingga memberikan patterns yang cukup jelas. Salah satu warna komplementer adalah warna merah dan biru, atau hijau dan ungu.

Here are some tips for you!

Ragu? Berpegang pada warna yang aman

prinsip teori warna
Style dengan warna netral. Foto (Freepik.com/Senivpetro)

Jika kamu masih terlalu takut menggunakan paduan warna yang ‘saling nabrak’ kamu dapat memulainya dengan menggunakan strategi kombinasi warna analog ataupun monokromatis untuk membuatmu lebih nyaman dalam berpenampilan. Khususnya dalam acara formal, kamu dapat berpegang pada style yang aman.

Mulai lebih berani

Pakaian Warna Komplementer
Pakaian Warna Komplementer. Foto (Freepik.com/Wayhomestudio)

Ketika kamu sepakat untuk melakukan eksperimen dalam padu padan warna pakaianmu, kamu dapat memulainya dengan kombinasi warna komplementer. Lalu, untuk menambahkan kesan unik dalam penampilanmu, kamu dapat menggunakan kombinasi warna triad. Kombinasi warna tersebut mampu membuatmu terlihat lebih berani dan berbeda dari yang lainnya.

Kamu bisa mencoba ombre atau tie dye

Baju Ombre
Baju Ombre. Foto (Freepik.com/Rawpixel)

Memadukan dua atau lebih intensitas warna yang berbeda dalam satu piece pakaian? Tentu harus kamu coba! Kamu dapat menggunakan baju ombre atau tie dye untuk memberikan penampilan yang lebih fresh dan berwarna. Kamu juga bisa lho membeli baju tie dye di Rumah Kapas, dengan baju bercorak atau baju tie dye kamu bisa mendapatkan style dengan variasi warna yang kece!

Seimbangkan penampilanmu

Baju dan Aksesoris
Baju dan Aksesoris. Foto (Freepik.com/Marymarkevich)

Setelah menggunakan pakaian dengan warna yang berani, dan corak atau patterns yang cukup ramai, pastikan kamu tidak menggunakan aksesoris secara berlebihan yang malah membuat penampilanmu terlihat clumsy. Sebaiknya kamu menggunakan fashion items yang sederhana namun tetap dapat menunjang penampilanmu.

Be brave and be confident!

Menumbuhkan kepercayaan diri dalam hal berpenampilan memang kerap kali susah dilakukan. Tapi tak ada salahnya untuk mencoba perlahan mencoba banyak style baru untuk dirimu. Namun, kalau masih takut kamu bisa tetap menggunakan warna-warna yang aman, lho! Penampilanmu bisa terlihat memukau berkali lipat jika kamu terlihat nyaman dengan apa yang kamu gunakan. So, be confident!