5 Tips Anti Gagal Menjaga Sablon Kaos Agar Tidak Mengelupas

Irfan Arvianto, 18 Oktober 2021 - 14.45 WIB
Sablon Kaos (Foto: Freepik.com)
Sablon Kaos (Foto: Freepik.com)

Istilah sablon dalam dunia fashion memang sudah tidak asing lagi karena kerap digunakan untuk mempercantik desain dari suatu pakaian yang dijual oleh fashion brand. Sablon adalah suatu teknik untuk mencetak tinta pada suatu pakaian. Jika kamu memiliki kaos sablon sebaiknya kamu mempelajari cara menjaganya agar tidak mengelupas karena tentunya keunikan dari kaos sablon bisa hilang jika sablonnya tidak terlihat maupun tidak terbaca. Kami sudah merangkum 5 tips untuk menjaga kaos sablon tidak mudah mengelupas. Tentunya kamu ingin kaos sablon yang kamu bisa awet dan tahan lama bukan?

1. Hindari Menjemur Bagian Luar Sablon

Sablon pada kaos memang beragam jenisnya yang memiliki kelebihan dan kekurangannya pada masing-masing jenis. Salah satu jenis sablon yang sering digunakan ialah sablon polyflex. Namun, pada umumnya jika sablon terkena sinar matahari yang menyengat dapat membuatnya lebih renggang dan pada akhirnya gambarnya bisa pecah. Oleh karena itu, kamu sebaiknya membalik kaos sebelum menjemurnya agar bagian luar sablon tidak langsung terkena sinar matahari.

2. Hindari Mencuci dengan Mesin

Mencuci dengan Mesin Cuci
Mencuci dengan Mesin Cuci (Foto : Freepik.com)
Selain menjemur pada bagian luar, tips yang bisa kamu ikuti yaitu mencuci secara manual atau hindari mencuci menggunakan mesin cuci. Hal ini dikarenakan mesin cuci tidak memperhatikan permukaan mana yang dicuci dan hal ini memungkinkan merusak sablon. Untuk meminimalisir hal tersebut, kamu disarankan untuk mencuci secara manual.

3. Hindari Merendam Kaos Sablon Terlalu Lama

Bukan rahasia umum lagi jika biasanya seseorang merendam pakaian-nya sebelum mencucinya, hal ini sebenarnya sangat normal. Namun, kamu disarankan untuk menghindari merendam kaos sablon terlalu lama karena jika terlalu lama dikhawatirkan dapat merusak kualitas dari sablon itu sendiri. Jadi, cukup direndam sebentar saja ya.

4. Hindari Menyetrika Secara Langsung Pada Sablon

Setrika Kaos Sablon
Setrika Kaos Sablon (Foto : Freepik.com)
Selain dari tips yang telah disebutkan diatas, tips kali ini tidak kalah penting lho. Jika kamu ingin kaos sablon kamu awet dan tahan lama. Kamu disarankan untuk hindari menyetrika secara langsung pada sablon karena panasnya setrika tersebut bisa merusak sablon. Ada baiknya kamu membalik dulu kaos sablonnya sebelum disetrika agar permukaan luar sablon tidak terkena setrika secara langsung.

5. Hindari Menyikat Kaos

Jika pada tips kedua tadi kamu disarankan untuk hindari mencuci kaos sablon dengan mesin cuci, sekarang kamu juga disarankan untuk menghindari menyikat kaos sablon bagian permukaan luar sablon ya. Tentunya jika disikat bagian permukaan luar sablon dapat merusak bagian sablon itu sendiri. Demikian 5 tips anti gagal yang sudah dirancang oleh kami khusus untuk kamu yang memiliki kaos sablon dan ingin merawatnya supaya tahan lama. Setelah membaca tips ini, kamu sudah bisa mulai merawat kaos sablon sebagai semestinya. Selamat merawat kaos sablon dengan baik dan benar ya!

Beri Komentar

Nama :
Email :
Komentar :
.
.
.