3 Cara Menjaga Kebersihan Masker Kain Kamu, Wajib Tau!

Irfan Arvianto, 9 November 2021 - 14.38 WIB
Masker Kain diproduksi Rumah Kapas (Foto: Rumah Kapas)
Masker Kain diproduksi Rumah Kapas (Foto: Rumah Kapas)

Di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, tidaklah mengherankan jika penggunaan masker lebih intens dibandingkan sebelumnya. Penggunaan masker sendiri mengikuti anjuran pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan di masa new normal. Sebenarnya, jenis dari masker ini sangatlah banyak, jika dibedakan dari sisi bahannya terdapat masker medis dan juga masker kain. Namun jika dibedakan dari talinya terdapat masker headloop dan masker earloop. Dalam artikel ini, tentunya kita akan membahas jenis masker yang mudah untuk dibersihkan atau dicuci yaitu masker kain.

Masker kain adalah masker berbahan dasar kain yang pada umumnya memiliki banyak hiasan dan motif tertentu. Kelebihan dari masker kain sendiri ialah dapat dicuci dan dipakai lebih dari sekali.Namun tentunya, penggunaan masker kain berulang diperlukan perawatan agar masker kain kamu selalu bersih dan higienis.Pada umumnya, cara membersihkan semua masker kain baik masker kain headloop, masker kain earloop, ataupun masker kain hijab sama saja.

1. Rendam Masker Kain dengan Air Panas

Tidak bisa dipungkiri bahwa mencuci masker bisa menjadi aktivitas yang membosankan bagi sebagian orang. Namun, dibalik itu terdapat banyak manfaat terpendam jika masker kain kamu bersih dan higienis. Untuk menjaga masker kain kamu agar tetap higienis dan bersih, kamu bisa mulai merendamnya dengan air panas dan detergen supaya virus ataupun bakteri yang ada dapat diminimalisir. Kamu bisa merendamnya selama kurang lebih 15-30 menit saja ya.

2. Basuh Masker Kain dengan Air Mengalir

Selain direndam dengan air panas dan detergen, hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membasuhnya dengan air mengalir. Hal ini dikarenakan dengan air mengalir dapat membuat cucian bekas sabun dapat hilang dan kembali seperti sediakala. Namun, sebelum kamu melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu menjemur kamu harus bisa memastikan bahwa tidak ada lagi sisa sabun yang tersisa supaya tidak menimbulkan bau yang menyengat di kemudian hari.

3. Simpan Masker Kain di Tempat yang Higienis

Masker Kain Disimpan Rapi
Masker Kain Disimpan Rapi (Foto: Irfan Arvianto)

Langkah pertama dan kedua akan menjadi sia-sia jika kamu melewatkan langkah ini, yaitu menyimpan masker kain di tempat yang higienis. Pasti kamu ingin masker kain yang sudah dicuci bersih tadi tetap terjaga kebersihannya bukan? Tentu kamu harus menjaganya agar tetap higienis dan bersih dengan cara menempatkannya di tempat yang bersih.

Tempat-tempat yang bisa kamu jadikan sebagai tempat penyimpanan masker kain yaitu lemari, atau digantung di tempat yang bersih agar terhindar dari debu dan sejenisnya. Namun, perlu diingat bahwa kebersihan masker kain tidak hanya kamu jaga saat di rumah saja ya namun juga saat kamu keluar rumah pastikan kebersihannya. Jika perlu, kamu bisa membawa lebih dari satu sehingga jika terjadi sesuatu pada masker kain, kamu bisa menggantinya saat itu juga.

Demikian 3 cara menjaga kebersihan masker kain agar tetap higienis yang sudah dirancang oleh kami khusus untuk kamu yang memiliki masker kain dan ingin merawatnya supaya tetap higienis. Setelah membaca tips ini, kamu sudah bisa mulai mencuci masker kain agar tetap bersih dan higienis.

Selain itu, Rumah Kapas juga bisa loh buatin kamu masker kain untuk perusahaan kamu. Terdapat 3 bahan yang biasanya menjadi primadona pembeli kami yaitu katun, filter, dan juga water repellent. Jika kamu ingin membuat masker kain dengan Rumah Kapas, kamu bisa klik icon whatsapp yang ada di halaman ini ya.

Beri Komentar

Nama :
Email :
Komentar :
.
.
.